Cara Memeliharan Kesehatan Kehamilan

by Sri Mayanti , at 10:29 AM , has 0 komentar
Ketika seorang istri hamil semestinya diperhatikan bukan hanya pada kesehatan ibu hamil namun juga perkembangan janin pada perut ibu tersebut. Kontrol makanan bagi ibu hamil sangat penting guna membantu tumbuh dan berkembangnya sang bayi dalam perut. Terlebih lagi di awal-awal kehamilan berbagai vitamin, nutrisi dan protein sangat penting untuk dikonsumsi. Tetapi itu tidak boleh terus berlanjut karena bila berat badan si ibu terus naik tidak baik pula untuk proses kelahiran nantinya.

Memelihara kesehatan kehamilan ibu dan anak dimulai dari menyeimbangkan berat badan agar tidak terus naik terutama untuk kelancaran proses persalinan. Bila bayi yang ada dalam perut berat badannya terlalu besar persalinan dilakukan tindakan bisa melalui sesar karena berat badan bayi melebihi normal. Oleh sebab itu perlu diketahui bagaimana cara menurunkan berat badan bagi ibu hamil khususnya di usia kehamilan 6 bulan ke atas.

Ibu hamil yang usia kehamilannya telah tua biasanya susah kenyang dan inginnya terus makan. Hal itu karena asupan makanan yang masuk dikonsumsi bukan oleh dirinya saja, namun oleh si janin juga. Saat itu sang ibu harus pandai memilih dan memilah mana jenis makanan dan minuman yang baik dan kurang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Uraian di bawah ini merupakan tips memelihara kesehatan ibu hamil dan cara menurunkan berat badan atau diet pada masa kehamilan :

Awasi pertumbuhan berat badan
Akibat dari kehamilan pada tubuh si ibu akan mengalami kenaikan berat badan dan hal itu sangat wajar terjadi. Langkah tepat bagi ibu hamil untuk memelihara kesehatannya dengan mengontrol naiknya pertumbuhan berat badan dari mulai awal bulan kehamilan hingga menjelang kelahiran. Dengan menjaga pertumbuhan berat badan tidak terlalu rendah dan tidak pula tinggi maka penyakit obesitas ataupun diabetes gestational dapat terhindarkan.

Memperhatikan asupan makanan yang masuk
Tidak semua makanan baik bagi untuk kesehatan ibu hamil walau itu tergolong vitamin yang pada dasarnya baik untuk tubuh manusia. Namun oleh karena seorang wanita hamil ada dua nyawa di dalamnya maka perlu memperhatikan asupan makanan yang baik pula untuk si janin.
Dengan begitu maka diantara saran dokter ibu hamil perlu mengonsumsi parental vitamin untuk memelihara kesehatan saat proses kehamilan. Vitamin prenatal sarat dengan nutrisi penting untuk pengembangan seperti asam folat, zat besi, zinc, yodium, vitamin D, kalsium, dan vitamin A. Seorang wanita hamil tidak boleh kekurangan yodium, asam folat, dan vitamin B. Kekurangan Gizi selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir, gangguan mental dan perilaku pada anak-anak.
Dokter kandungan selalu menyarankan pula mengonsumsi vitamin prenatal dengan kolin. Sebagian besar vitamin prenatal tidak mengandung choline sehingga Anda akan harus mengambil suplemen tambahan atau makan makanan kaya kolin. Ibu hamil perlu mengambil 450 mg kolin setiap hari selama kehamilan.

Membagi pola konsumsi makanan
Diantara saran yang baik bagi ibu hamil membagi waktu makanan menjadi 6 kali dengan porsi sedikit-sedikit. Agar nafsu makan terjaga si ibu hamil semestinya memberi jeda cukup agak lama setelah ibu hamil mengkonsumsi tiga kali jam makan. Selain itu harus memilih makanan segar daripada makanan cepat saji. Juga tidak baik terlalu sering memakan makanan manis, namun apabila sekali-kali sangat mau itu tidak menjadi masalah asal tidak terlalu sering.

Mengurangi asupan makanan mengandung lemak tinggi
Dengan tidak terlalu banyak asupan lemak berakibat pada perkembangan kesehatan janin yang baik, begitu pula untuk ibu hamil. Jumlah lemak yang dimakan masuk dalam tubuh wanita hamil sebaiknya tidak melebihi 30 persen jumlah kalori harian. Selain itu juga sangat perlu menurunkan konsumsi daging, produk olahan susu, dan saus agar menghindari lemak berlebihan. Sebaiknya ibu hami mengganti makanan tadi dengan buah-buahan atau sayuran yang kaya nutrisi dan vitamin terkandung di dalamnya.

Demikian info sehat tentang cara memelihara kesehatan kehamilan. Semoga artikel ini membantu anda dalam kelancaran proses kelahiran anak yang normal dan sehat. Amin
Cara Memeliharan Kesehatan Kehamilan
About
Cara Memeliharan Kesehatan Kehamilan - written by Sri Mayanti , published at 10:29 AM, categorized as Anak , info sehat , Kehamilan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin