Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes

by Sri Mayanti , at 10:27 PM , has 0 komentar
Penting untuk diketahui khususnya bagi mereka yang menderita penyakit Daibetes bahwa perlu diperhatikan dalam buah-buahan untuk penderita diabetes yang berbahaya bukan terletak pada kadar kemanisannya, melainkan kandungan karbohidratnya. Pada umumnya, buah-buahan hanya mengandung sedikit karbohidrat. Manisnya buah dapat berasal dari dua jenis gula sederhana, yaitu fruktosa atau glukosa dan itu tidak begitu tinggi meningkatkan kadar gula manusia.

Jenis buah manis bagi penderita Diabetes - Fruktosa dan glukosa terdapat dalam buah dengan komposisi tertentu. Fruktosa tidak meningkatkan kadar gula darah. Namun, bukan berarti pemanis buatan seperti gula jagung yang mengandung fruktosa tinggi lebih baik untuk penderita diabetes. Kadar fruktosa yang terlalu tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

Mengapa yang perlu diperhatikan kadar karbohidratnya? Itu karena karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat dalam tubuh akan terurai menjadi glukosa yang akan merangsang produksi hormon insulin. Bila insulin produksinya kurang atau tidak bekerja dengan baik maka glukosa tidak dapat masuk ke sel dan tertinggal di darah sehingga kadarnya di darah menjadi tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, roti, kentang, serealia, gula pasir, buah-buahan, dan sayuran. Satu makanan sumber karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah lebih tinggi dari yang lain.

Kecepatan suatu jenis makanan memengaruhi kadar gula darah biasanya dinyatakan dengan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terkandung dalam suatu pangan, termasuk buah-buahan, atau dapat dikatakan sebagai tingkatan atau peringkat pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Jadi, jangan takut untuk makan buah untuk penderita diabetes (termasuk mangga) walaupun rasanya manis, perhatikan jumlahnya. Ukuran satu porsi buah segar untuk penderita diabetes, misalnya satu buah apel/jeruk/pir/kiwi, satu pisang kecil atau ½ jika ukurannya besar, satu gelas/piring kecil pepaya, 1 ¼ gelas stroberi, ½ gelas mangga, dan ¾ gelas nanas.

Demikian artikel kesehatan sebagai info sehat untuk anda. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi tips praktis mengkonsumsi makanan buah yang tidak membahayakan kesehatan penderita Diabetes.
Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes
About
Buah-Buahan Bagi Penderita Diabetes - written by Sri Mayanti , published at 10:27 PM, categorized as info sehat , Tips Praktis . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin