Tips Diet Makanan Buah dan Sayur Bagi Penderita Diabetes

by Sri Maya , at 11:24 PM , has 0 komentar
Diabetes melitus atau dengan bahasa lain kencing manis merupakan penyakit dalam tubuh yang diakibatkan kadar gula darah meningkat. Saat seseorang terkena diabetes harus lebih berhati-hati dalam beraktifitas, jangan sampai terjatuh atau terluka karena biasanya susah untuk kering dan sembuh.

Para penderita penyakit diabets harus berhati-hati dalam hal mengkonsumsi makanan, sebab hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap orang yang kencing manis. Oleh karenanya pada tulisan ini diuraikan bagaimana cara yang seharusnya dalam hal Tips Diet Makanan Buah dan Sayur Bagi Penderita Diabetes. Diet pada penderita diabetes melitus atau kencing manis pada dasarnya merupakan diet seimbang dengan kalori sesuai kebutuhan yang terbagi menjadi tiga kali makan utama dan dua kali makanan selingan.

Makanan atau minuman apa yang seharusnya dihindari penderita Diabets? Pantrangan yang mesti dihindari bagi penderita kencing manis ya makanan dan minuman yang terasa manis (teh atau kopi yang ditambah gula agar manis, Coca Cola, sirup) serta makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Sedangkan buah dan sayur sangat penting masuk diet karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh. Tujuan semuanya itu untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Tetapi buah dan sayur bagi pengidap diabetes yang penting diperhatikan bukan kadar kemanisannya yang tidak boleh dimakan, melainkan kandungan karbohidrat yang tinggi harus diatur, seperti; kentang, ubi, dan semacamnya. Pada umumnya, buah-buahan hanya mengandung sedikit karbohidrat. Manisnya buah dapat berasal dari dua jenis gula sederhana, yaitu fruktosa atau glukosa. Fruktosa dan glukosa terdapat dalam buah dengan komposisi tertentu. Fruktosa tidak meningkatkan kadar gula darah. Namun, bukan berarti pemanis buatan seperti gula jagung yang mengandung fruktosa tinggi lebih baik untuk penderita diabetes. Kadar fruktosa yang terlalu tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

Mengapa yang perlu diperhatikan kadar karbohidratnya? Itu karena karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat dalam tubuh akan terurai menjadi glukosa yang akan merangsang produksi hormon insulin. Bila insulin produksinya kurang atau tidak bekerja dengan baik maka glukosa tidak dapat masuk ke sel dan tertinggal di darah sehingga kadarnya di darah menjadi tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, roti, kentang, serealia, gula pasir, buah-buahan, dan sayuran. Satu makanan sumber karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah lebih tinggi dari yang lain. Kecepatan suatu jenis makanan memengaruhi kadar gula darah biasanya dinyatakan dengan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terkandung dalam suatu pangan, termasuk buah-buahan, atau dapat dikatakan sebagai tingkatan atau peringkat pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Jadi, bagi anda penderita diabetes jangan takut untuk makan buah (termasuk mangga) walaupun rasanya manis, akan tetapi perhatikan jumlahnya saja. Ukuran satu porsi buah segar untuk penderita diabetes, misalnya satu buah apel/jeruk/pir/kiwi, satu pisang kecil atau ½ jika ukurannya besar, satu gelas/piring kecil pepaya, 1 ¼ gelas stroberi, ½ gelas mangga, dan ¾ gelas nanas.

Demikian info kesehatan tentag diet buah sayur bagi penderita diabetes melitus. Baca juga tulisan sebelumnya tentang berbagai penyakit paling berbahaya yang berujung pada kematian.
Tips Diet Makanan Buah dan Sayur Bagi Penderita Diabetes
About
Tips Diet Makanan Buah dan Sayur Bagi Penderita Diabetes - written by Sri Maya , published at 11:24 PM, categorized as info sehat , Tips Praktis . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin