Ancaman Virus Ebola Menjadi Wabah Penyakit Mematikan Bagi Manusia

by Sri Maya , at 4:32 PM , has 0 komentar
Para ilmuwan yang menemukan virus Ebola mengatakan bahwa saat ini wabah virus mematikan di Afrika Barat tersebut telah menewaskan sekitar 1000 orang lebih, virus tersebut menjadi salah satu wabah terparah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Virus Ebola hingga kini belum ditemukan obat pemberantasnya. Salah satu ilmuwan Dr Peter Piot mengatakan bahwa serangan virus ebola tersebut sebelumnya tidak terpikirkan akan menjadi epidemi yang luar biasa. Ini memang bencana yang mengerikan. Dalam empat pekan semenjak virus ini berjangkit, telah lebih dari seribu orang yang meregang nyawa. Bahkan seorang petugas medis dari negara AS sekalipun diindikasikan juga terjangkit dan berada dalam kondisi kritis.


"Wabah seperti ini adalah wabah pertama kali yang terjadi di Afrika Barat . Kedua, ini adalah pertama kalinya ada wabah penyakit yang melibatkan tiga negara. Ketiga ini adalah pertama kalinya kita memiliki wabah di ibukota, di ibukota," tegas Piot seperti dikutip dari CNN, awal juli lalu ketika virus ebola mulai menyerang manusia.

Para dokter memperingatkan bahwa wabah di Guinea, Sierra Leone, dan Liberia sekarang berada di luar kendali. Jumlah kasus Ebola terus mengalami peningkatan tajam semenjak pertama kali menjadi perhatian pada awal tahun 2014.

"Dengan kondisi virus Ebola yang seperti ini, kemungkinan pasien meninggal bisa mencapai 90 persen. Ini dilihat dari standar manapun merupakan angka yang spektakuler. Ebola adalah salah satu virus mematikan yang ada," kata Piot.

Hingga saat ini tidak ada obat untuk Ebola. Pasien yang terjangkit dengan Ebola awalnya menunjukkan gejala flu seperti pusing, demam, dan mungkin diare. Akan tetapi, semakin berjalannya waktu pasien akan mengalami pendarahan dalam tidak terkontrol yang berakibat kematian.

Menurut Piot pencegahan penyebaran Ebola sebenarnya tidak sulit. Butuh kontak yang sangat dekat dengan pasien Ebola untuk terjangkit. Tindakan higienis yang sederhana seperti mencuci dengan sabun dan air, tidak menggunakan kembali jarum suntik, dan menghindari kontak dengan mayat yang terinfeksi cukup untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Piot mengatakan meskipun mudah untuk mencegah penularan, epidemi pada akhirnya terjadi juga dikarenakan adanya kegagalan pada sistem kesehatan nasional. "Rasa takut pada virus, kurangnya kepercayaan pada pemerintah, dan juga pada sistem kesehatan hampir sama buruknya dengan ancaman virus itu sendiri," tutup Piot.

Ini merupakan bencana yang menghebohkan dunia setelah ancaman ISIS di Irak - Suriah menjadi bahan pembicaraan internasional. Mungkin berjangkitnya wabah virus ebola tersebut dapat dimasukan ke dalam terminologi penyakit aneh yang mematikan di masa lalu.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) dibuat sibuk gara-gara wabah virus Ebola. Segera saja WHO mengumpulkan para menteri kesehatan dari 11 negara Afrika. Upaya ini dilakukan WHO untuk bersama-sama memerangi wabah mematikan yang tengah melanda Afrika tersebut. Pihak kerajaan Arab Saudi bertindak cepat. Negara-negara Afrika yang terjangkit Ebola dilarang berhaji di tahun ini.

Negara-negara yang masuk ke dalam ancaman ebola antara lain Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gambia, Ghana, Guinea Bissau, Mali, Senegal, dan Uganda, Sierra Lione, Liberia. Warga muslim dari negara-negara ini terpaksa harus menunda keberangkatan mereka ke Mekah tahun 2014 ini.

WHO menyatakan 'tindakan drastis' sangat diperlukan untuk membasmi dan memastikan virus tidak menyebar lebih luas. Pasalnya, wabah yang pertama kali ditemukan di Guinea ini menyebar dengan cepat. Penyebarannya meliputi wilayah Liberia, Sierra Leone dan bebagai negara di sekitar Guinea.

"Kami berharap negara-negara ini memberikan respons yang kuat dan sesegera mungkin. Diutamakan Guinea, Liberia dan Sierra Leone di mana kegiatan sosial dan komersial paling sering terjadi. Jadi, kami bisa bersama-sama membasmi Ebola dengan cepat," kata juru bicara WHO, Daniel Epstein.

Badan amal medis, Medecins Sans Frontieres (MSF) di Guinea telah bekerja sama dengan WHO dan Departemen Kesehatan Guinea untuk menangani wabah Ebola. MSF menyediakan empat fasilitas isolasi di Guinea dengan jumlah karyawan lebih dari 300 orang, baik yang berasal dari luar negeri maupun lokal.

"Kami melihat banyaknya ketakutan masyarakat. Bahkan kami tidak lagi dapat masuk ke daerah terpencil. Otomatis kami tidak dapat melakukan kontak dengan para pasien ebola," kata Dr Bart Janssens, Direkur Operasi MSF.
Ancaman Virus Ebola Menjadi Wabah Penyakit Mematikan Bagi Manusia
About
Ancaman Virus Ebola Menjadi Wabah Penyakit Mematikan Bagi Manusia - written by Sri Maya , published at 4:32 PM, categorized as Penyakit . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin