Selain Kanker Inilah 5 Penyakit Membahayakan Lainnya

by Sri Maya , at 9:43 AM , has 0 komentar
Kanker sampai saat ini masih ada di urutan pertama sebagai penyakit penyebab kematian manusia, bahkan kini penyakit yang disebabkan kanker semakin beragam dengan bermacam-macam kasus yang terjadi. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia paling intens dalam menanggulangi penyakit tersebut. Penyebab kematian karena kanker berdasarkan statistik WHO tahun 2013 lalu mencapai 10,2 juta orang.

Selain penyakit Kanker yang sangat membahakan untuk kehidupan manusia, ada juga penyakit lainnya yang harus diwaspadai. Inilah 5 penyakit paling membahayakan yang harus diwaspadai selain Kanker :

1. Penyakit Malaria
Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membuat badan demam tinggi dan bahkan sampai menggigil. Bila tidak cepat ditangani penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. Penanganan penyakit malaria harus ekstra dilakukan dengan segera membawa ke klinik atau dokter paling dekat.
Walau pada umumnya penderita penyakit tersebut adalah bayi dan anak-anak, namun tak sedikit pula remaja dan orang tua yang terserang. Berhati-hatilah dan cegahlah penyakit malaria, apalagi di masa penghujan atau pancaroba dengan membiasakan pola hidup lingkungan sehat.

2. Penyakit SARS
Penyakit SARS menyerang pernafasan manusia, dimana si penderita akan merasakan sesak yang sangat kuat hingga akhirnya tidak bisa bernafas. Pada awalnya penyakit ini ditemukan di negara China dan kini virusnya terus menyebar menular ke negara lain sampai ke seluruh dunia.
Gejala yang dirasakan penderita penyakit SARS diantaranya batuk, sesak bernapas, dan demam tinggi. Pencegahan penyebaran penyakit SARS dilakukan dengan cara mengkarantina pasien penderita pada suatu tempat khusus. Penderita penyakit tersebut diberikan berbagai obat-obatan untuk mengurangi pembengkakan paru-paru, dan suplai oksigen sebagai dukungan pernapasan.

3. Penyakit Ebola
Penyakit ini tergolong penyakit baru muncul tahun 1976 yang sangat berbahaya disebabkan karena terinveksi virus Ebola. Berdasarkan WHO sampai saat ini cara penyobatan terhadap penyakit ini belum ditemukan. Penyebaran penyakit ebola sangat cepat, karena virusnya dapat tersebar secara cepat bukan hanya ke manusia juga ke hewan.
Virus Ebola dapat terjadi melalui kontak darah dengan penderita, atau melalui sekresi organ atau cairan tubuh lain, dengan hewan yang terinfeksi. Penderita penderita ebola merasakan gejala-gejala penyakit, seperti demam mendadak, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, muntah, diare, gangguan fungsi ginjal dan hati, hingga akhirnya berujung pada kematian.

4. Penyakit Asma
Asma merupakan penyakit pada saluran udara yang mengakibatkan pernafasan terganggu, radang tenggorokan yang parah dan terjadi penyempitan lubang pernafasan. Penyebab penyakit asma pada awalnya spele yaitu terjadinya radang yang mungkin disebabkan alergi atau makanan yang tidak sehat. Bila tidak segera diobati penyempitan saluran pernafasan mengecil dan akhirnya tidak dapat bernafas.
Pengobatan penyakit Asma dapat dilakukan oleh dokter atau ahli kesehatan dan butuh waktu agar penyempitan saluran pernafasan tersebut kembali normal.

5. Penyakit Sifilis
Penyakit ini termasuk golongan penyakit seksual yang dapat menular seperti penyakit AIDS. Pada awalnya penyakit tersebut dapat dirasakan dengan gejala pada alat kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Penyebab utama penyakit ini karena hubungan intim kontak kelamin dengan penderita yang sebelumnya telah berhubungan dengan orang berpenyakit tersebut.
Bahaya dari penyakit Sifilis dalam jangka panjang akan mematikan, dan untuk seorang ibu dapat menurunkan anak penderita penyakit sifilis. Pengobatan terhadap penyakit ini harus dilakukan secara intensif dan berkelanjutan.

Demikian 5 penyakit paling berbahaya selain kanker yang harus selalu diwaspadai oleh semua pihak, termasuk kita semua. Semoga kita dapat tercegah dari penyakit-penyakit di atas. 
Selain Kanker Inilah 5 Penyakit Membahayakan Lainnya
About
Selain Kanker Inilah 5 Penyakit Membahayakan Lainnya - written by Sri Maya , published at 9:43 AM, categorized as Penyakit . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin