Mengenal Gejala Penyakit Stroke Dengan Cara Mencegah Sejak Dini

by Sri Maya , at 12:53 AM , has 0 komentar
Tips praktis berikut membahas cara yang dapat dilakukan dalam menanggulangi serta mengatasi Penyakit Stroke dengan cara mencegah terjadinya penyakit stroke sejak dini. Namun sebelum membahas lebih lanjut kita mulai dengan pembahasan arti pengertian penyakit stroke.

Penyakit stroke merupakan jenis penyakit yang disebabkan pecahnya pembuluh darah atau tersumbatnya pembuluh darah yang ada di otak sehingga jaringan otak kekurangan oksigen. Data dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2007) telah menunjukkan fakta bahwa stroke menjadi penyebab kematian tertinggi di wilayah perkotaan di Indonesia. Jumlahnya mencapai 15,9 persen dari proporsi penyebab kematian di Indonesia.

Walaupun frekuensinya lebih jarang, stroke memang dapat dialami oleh orang-orang yang belum berumur lanjut. Stroke bahkan bisa terjadi pada usia belasan tahun, biasanya disebabkan adanya penyakit bawaan yang meningkatkan risiko terjadinya perdarahan atau sumbatan pembuluh darah di otak
.
Setiap orang dapat terkena stroke, tetapi risikonya akan lebih tinggi bila memiliki satu atau lebih faktor risiko. Faktor risiko yang dapat dikontrol, yakni hipertensi atau darah tinggi, kencing manis, fibrilasi atrial (salah satu bentuk kelainan irama denyut jantung), kegemukan, merokok, kolesterol tinggi, minum alkohol berlebihan, dan jarang berolahraga. Sedangkan, faktor yang tidak dapat dikontrol dan tidak dapat dimodifikasi, yaitu usia, jenis kelamin laki-laki, riwayat keluarga, dan kelainan bawaan.

Mengenal gejala stroke yang dapat diketahui dengan cara dibawa ke rumah sakit, disana akan ada penjelasan dari dokter yang mengatakan bahwa gejala yang terjadi bisa berupa kemungkinan tiba-tiba merasa baal / kelemahan / lumpuh di wajah, lengan, atau tungkai, terutama jika terjadi di satu sisi tubuh; mendadak kesulitan berbicara, sukar memahami pembicaraan orang, atau seperti kebingungan; kesulitan melihat pada satu atau kedua mata yang muncul mendadak. Selain itu, tiba-tiba sukar berjalan, linglung, atau kehilangan keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh, sulit memakai pakaian, serta mendadak sakit kepala hebat tanpa penyebab yang jelas. Untuk itu, mengenali tanda-tanda awal penyakit stroke memang sangat penting.

Darah tinggi termasuk penyebab utama stroke. Masalahnya, banyak orang yang mempunyai tekanan darah tinggi tidak menyadarinya, baik di Indonesia maupun banyak negara maju. Pengecekan tekanan darah harus dilakukan minimal sekali setahun.

Demikian penjelasan tentang Mengenal Gejala Penyakit Stroke Dengan Cara Mencegah Sejak Dini semoga bermanfaat untuk kesehatan kita semua.
Silahkan baca juga tulisan sebelumnya tentang cara praktis menghentikan cegukan dengan tips sederhana.
Mengenal Gejala Penyakit Stroke Dengan Cara Mencegah Sejak Dini
About
Mengenal Gejala Penyakit Stroke Dengan Cara Mencegah Sejak Dini - written by Sri Maya , published at 12:53 AM, categorized as Penyakit , Tips Praktis . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin