Mengatasi Penyakit Halitosis Masalah Bau Mulut Tidak Sedap

by Sri Maya , at 11:58 PM , has 0 komentar
Tips kesehatan kali ini membahas tentang masalah penyakit bau mulut yang menyebabkan aroma tidak sedap saat bernafas atau berbicara. Penyakit tersebut dapat mengakibatkan komunikasi menjadi terganggu. Bagaimana mengatasinya? mari simak penjelasan dokter kesehatan berikut ini.

Komunikasi verbal melalui obrolan seseorang yang ketika berbicara mulutnya mengeluarkan bau membuat tidak nyaman, walaupun lawan bicara orang tersebut merupakan sahabat karib. Penyakit napas bau atau dalam kata lain diistilahkan dengan nama "HALITOSIS" adalah pengertian definisi Halotosis tersebut adalah keadaan dimana terdapat bau yang tidak menyenangkan dari napas seseorang yang sedang berbicara atau bernafas. 

Penyebab Penyakit Halitosis itu karena bakteria yang berkembang akibat makanan yang tertinggal di dalam mulut. Berdasarkan teori ilmiah terjadinya Halitosis ditemukan bersama-sama dengan karies gigi dan penyakit periodontium yang merupakan penyebab paling sering seseorang pergi berobat ke dokter gigi.

Halitosis selain ditemukan pada orang yang sedang sakit, juga ditemukan pada orang sehat sewaktu bangun tidur pagi hari. Hal tersebut terjadi akibat bakteria yang berada di sekitar mulut menjadi aktif karena ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, di sekitar celah-celah gigi, kerongkongan, langit-langit, sekitar lidah, dan gusi.

Bakteria aktif waktu malam hari ketika kita tidur karena ada sisa makanan, pH air liur yang lebih asam, dan kurang aktivitas mengunyah dan bicara. Sebetulnya mulut bau mudah dicegah, relatif mudah diobati, namun juga mudah terjadi jika kesehatan dan kebersihan mulut tidak dijaga.

Bau mulut atau halitosis juga dapat disebabkan oleh penyakit ginjal menahun, penyakit hati menahun, infeksi saluran napas, dan sinusitis (radang sinus, rongga di tulang wajah). Bau mulut juga dapat dipicu oleh penyakit di gusi (gusi bengkak atau gusi berdarah). Untuk menghindari bau mulut, diperlukan cukup minum dan cukup banyak bicara dan mengunyah.

Merokok dan minum alkohol juga merupakan penyebab yang sering ditemukan pada mulut bau (serta penyebab berbagai penyakit lain). Karena itu, harus dihentikan. Penyebab mulut bau yang lumayan sering ditemukan, yakni kebiasaan makan makanan berbau, misalnya petai, jengkol, bawang, dan durian. Beberapa obat antihistamin, diuretik juga dapat mengeluarkan bau tidak enak.

Pemberian fluor di air PAM merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan gigi masyarakat. Sikat gigi dengan pasti gigi secara teratur, bangun tidur dan menjelang tidur, serta sikat gigi sesudah makan akan memperbaiki kesehatan mulut kita dan mencegah terjadinya halotosis.

Saran dan tips bagi anda sebagai cara mengatasi penyakit Halitosis tersebut adalah berkomunikasi dengan dokter gigi dan meminta penjelasan lebih lengkap, selain itu harus membiasakan menyikat gigi dengan pasta gigi secara teratur. Bila penderita Halitosis mempunyai penyakit kencing manis, sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam dan perlu ke spesialis THT (sekarang namanya THT KL) bila tersangka memiliki radang sinus.
 Ramuan Obat Herbal Penyakit Lambung
Semoga penjelasan mengenai permasalahan kesehatan terkait dengan bau mulut ini bermanfaat bagi pengetahuan anda. Artikel menarik lainnya tentang gejala penyakit stroke sangat layak untuk anda baca sekarang juga sebagai cara mencegah penyakit serius pada tubuh kita semuanya.
Terima kasih telah berkunjung di situs tips kesehatan yang senantiasa update setiap saat.
Mengatasi Penyakit Halitosis Masalah Bau Mulut Tidak Sedap
About
Mengatasi Penyakit Halitosis Masalah Bau Mulut Tidak Sedap - written by Sri Maya , published at 11:58 PM, categorized as info sehat , Pengobatan , Tips Praktis . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin