Cara Praktis Menghentikan Cegukan

by Sri Mayanti , at 11:23 PM , has 0 komentar
Muslim husada pada kesempatan sekarang akan berbagi tips berupa cara praktis menghentikan cegukan yang menyebabkan pita suara katupnya tertutup secara spontan. Penyebab utama dari cegukan tersebut dikarenakan spasme diafragma mengalami gangguan akibat kekeringan, tidak ada lendir, terlalu banyak makanan masuk, tidak seimbang air, gangguan lambung, rokok dan alkohol, minum es atau semacamnya yang dapat membuat katup pada tengggorokan kita menempel.

Terkadang cegukan membuat kita jengkel apalagi saat kita sibuk dan kita harus konsentrasi melakukan sesuatu, lebih menyebalkan lagi cegukan disaat penyakit vertigo kambuh. Namun cegukan itu berhenti dan hilang tanpa disadari pula. Berdasarkan pengalaman dari para ahli yang meneliti tentang cegukan, sebenarnya cegukan dapat diatasi dengan mudah dan seketika hilang. Cegukan sebenarnya bukanlah penyakit, itu hanyalah gejala yang mengindikasikan bahwa keseimbangan pada tubuh manusia yang mengalami cegukan sedang dalam kondisi tidak fit.

Cara sederhana berupa tips praktis menghentikan cegukan di bawah ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda pembaca :
  1. Cara pertama, obat paling mujarab untuk mengatasi cegukan adalah air putih. Namun cara minumnya dengan menggunakan teknik yaitu minum sembari menunduk, sedot air tersebut dari bibir gelas bagian luar. Teguk secara perlahan dan saat air naik ke tenggorokan kepala ditengadahkan ke atas dengan maksud air tersebut masuk ke katup diafragma.
  2. Cara kedua, yaitu dengan menyimpan sedikit gula pasir ke lidah dalam posisi sedikit menengadah ke atas, tapi jangan ditelan. Secara otomatis nanti akan ada air ludah dan itu boleh kita telan. Setelah gula pasir tersebut habis pada lidah kita lalu dorong dengan segelas air. Saat itu pula cegukan itu akan hilang.
  3. Cara ketiga, dengan meminum tetesan air es (bukan es nya! sebab bila es diminum saat cegukan dapat berbahaya), sebagian air es diusapkan ke dagu dan leher. Mudah-mudahan dengan cara itu akan berhasil.
  4. Cara keempat, mengatasi dan menghentikan cegukan saat shaum / puasa atau saat mengendarai motor Honda CB150R dapat dilakunan dengan teknik pernafasan. Tahan nafas sekuat mungkin, kemudian keluarkan dan bernafas seperti biasa. Lakukan berulang-ulang sampai cegukan itu hilang.
  5. Cara kelima, dengan menahan napas mulut dan hidung kita ada di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Demikian, diulang beberapa kali.
  6. Cara keenam, dengan meletakkan jari kita ke langit-langit mulut, kemudian memijatnya langit-langit mulut tersebut dengan halus. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut.
Demikian enam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan cegukan secara praktis yang sangat mudah untuk dilakukan siapa saja.
Cara Praktis Menghentikan Cegukan
About
Cara Praktis Menghentikan Cegukan - written by Sri Mayanti , published at 11:23 PM, categorized as Pengobatan , Tips Praktis . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin