Tips Mencegah Penyakit Influensa | Flu

by Sri Mayanti , at 9:25 PM , has 0 komentar
Influensa atau lebih dikenal dengan nama penyakit flu merupakan penyakit yang paling sering diderita manusia, tersebar melalui virus dan ini termasuk penyakit yang dapat menular. Penyebab utama terserang penyakit ini lebih sering diakibatkan karena lemahnya daya tahan tubuh, sehingga virus flu tersebut masuk ke dalam tubuh manusia tanpa ada perlawanan dari sistem imun (daya tahan tubuh) orang tersebut.

Di musim pancaroba, dimana cuaca sedang dalam keadaan ekstrim, influensa ini perlu lebih diwaspadai. Saat itu virus influensa lebih mudah menular karena udara lebih cepat menghantarkan virus dari satu orang ke orang lain yang lebih dekat.

Pencegahan penyakit influensa harus kita perhatikan, jangan sampai kita dan anggota keluarga mudah terkena penyakit ini. Berdasarkan kata sahabat, apalagi bagi yang memiliki anak balita, jangan sampai mereka mudah terkena penyakit ini. Orang tua akan merasa sedih ketika bayi dan balita nya tersebut menderita penyakit ini. Mereka merasa tersiksa, badannya panas, dan akan lebih sering menangis sebab tidak bisa apa-apa. Memang penyakit influensa bukan tergolong penyakit berbahaya atau mematikan, tetapi bila dibiarkan dapat mengakibatkan munculnya penyakit lain. Oleh sebab itu diperlukan pencegahan penyakit influensa.

Diantara cara tips mencegah penyakit flu / influensa ini sebagai berikut:

1. Bersihkan Lingkungan Sekitar
Virus influensa menempel di berbagai tempat yang ada di sekitar kita, di meja, gelas, mouse, dan lain sebagainya. Rumah yang bersih akan lebih aman dari penyakit flu ini. Biasakan mencuci tangan saat akan memasukkan makanan ke dalam mulut, jangan sampai virus tersebut masuk karena perantara tangan kita yang kotor.

2. Sterilkan Anggota Badan dari Kuman
Virus influensa bisa diakibatkan karena kuman yang masuk melalui anggota badan, hidung, mulut atau mata. Oleh karena itu sterilkan seluruh badan kita dengan cara membersihkannya dengan sabun atau lain sebagainya.

3. Membiasakan pola hidup sehat
Istirahat cukup, makan makanan bervitamin dan bergizi, minum air yang cukup, serta berolahraga dengan teratur. Menjaga badan tetap terhidrasi, yakni dengan minum delapan gelas air sehari dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sedangkan berolahraga secara rutin seperti jalan cepat atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya, karena malah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar.

4. Menghindari Asap Rokok
Asap rokok itu mengandung racun yang dapat melumpuhkan "silia". Silia itu berbentuk bulu-bulu halus yang melapisi selaput lendir di hidung dan paru-paru. Fungsi silia adalah menyapu virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Silia dapat mengeluarkan lendir dari paru-paru dan umumnya bekerja untuk mencegah infeksi. Para ahli kesehatan percaya jika fungsi silia terganggu, maka seseorang akan berada pada risiko yang tinggi untuk terkena infeksi paru-paru.

5. Makan Makanan Mengandung Bakteri Menguntungkan
Diantara makanan yang mengandung bakteri menguntungkan/ bakteri baik, berfungsi melawan bakteri merugikan adalah Yogurt. Makanan seperti yogurt dapat bermanfaat untuk mencegah pilek, demikian menurut National Institutes of Health. Para peneliti percaya jika bakteri yang ada dalam yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan yogurt setiap hari diketahui 25 persen lebih sedikit yang terkena pilek.

Demikian beberapa cara mencegah penyakit influensa yang mudah dan murah. Mari kita cegah penyakit flu agar tidak menyebar ke lingkungan tempat kita tinggal. Semoga artikel ini bermanfaat.
Tips Mencegah Penyakit Influensa | Flu
About
Tips Mencegah Penyakit Influensa | Flu - written by Sri Mayanti , published at 9:25 PM, categorized as Pengobatan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin