Tanda dan Gejala Anak Bayi Menderita Sakit

by Sri Mayanti , at 1:00 PM
Apabila anak atau buah hati kita yang masih kecil mungil menderita sakit sebenarnya dapat dilihat dari tanda-tanda atau gejala jasmaniah tubuh anak tersebut. Dengan tanda dan gejala anak bayi yang tidak seperti biasanya dapat diketahui pula apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit itu muncul. Tanda dan gejala semacam itu adalah satu-satunya bentuk komunikasi yang akurat antara seorang anak yang sakit dengan mereka yang berusaha hendak menolongnya; orang tua dan dokter.

Seorang ibu mempergunakan tanda dan gejala ini untuk mengetahui bila anaknya benar-benar sakit dan bukannya dibuat-buat, atau barangkali pura-pura sakit karena ingin dimanjakan oleh orang tuanya, seorang ibu dapat membedakannya.

Dokter akan memeriksa kesehatan anak yang diduga sakit berangkat dari tanda dan gejala yang muncul pada anak tersebut. Dengan memperhatikan berbagai gabungan dan intensitas tanda dan gejala ini maka akan dicari bagaimana penanganan untuk mengobati dan menyembuhkannya.

Orang tua yang bijaksana harus dengan cepat dapat melihat bila ada kelainan atau gejala tanda anak bayi menderita sakit agar tidak lambat dalam penanganan juga pengobatannya. Untuk itu perlu diketahui apa saja tanda dan gejala anak bayi menderita sakit. Inilah bahasannya:

Tanda dan Gelala Anak Sakit Letih dan Lemas
Seringkali suatu perubahan pada anak dalam roman dan kegiatan pada umumnya dapat merupakan tanda bahaya pertama dari penyakit yang sedang muncul, anak normal terlihat tangkas, tertawa bahagia, dan semangat tetapi bila sedang sakit anak tersebut menjadi lesu, tak ada gairah dan rewel alias gampang nangis. Sebelum terlihat tanda-tanda peringatan sakit yang lain dia akan terlihat tidak bermain dengan semangat tetapi mungkin dia cuma duduk-duduk saja atau berbaring tanpa perhatian yang fokus. Perubahan semacam itu merupakan tanda adanya gangguan jasmani maupun gangguan emosional.

Pada pihak lain, kita harus tahu, bahwa letih dan lemas tersebut mungkin akan terlihat dengan berbagai macam cara, bukan hanya letih dan lemas atau tidak bergairah saja. Bisa saja tanda anak sakit ini malah menjadi hiper atau agresif luar biasa, ataupun bisa saja dengan gejala kegelisahan ataupun dengan tanda sensitif mudah terkena rangsangan.

Tanda dan Gejala Anak Sakit dari Raut Muka
Roman atau tanda gejala wajah anak dapat menunjukkan salah satu tanda yang dapat diyakini datangnya penyakit kepada anak tersebut. Sebagai orang tua atau siapa saja yang sangat kenal dengan anak tersebut dapat memperhatikan secara cepat bagaimana perubahan dari wajah yang biasanya bersinar-sinar dan bercahaya, mengalami perubahan dengan wajah yang kusut, suram atau kusam. Perubahan yang terjadi biasanya terlihat di wajahnya yang merah, kulitnya panas (ada bintik-bintik) dan kulitnya kering, bibirnya pecah-pecah, atau wajahnya terlihat pucat.

Tanda dan Gejala Anak Sakit dari Kulit
Kulit yang dapat diperhatikan adalah kulit wajah, kulit badan atau kulit-kulit di sekitar tubuh anak. Gejala atau tandanya bisa terlihat pucat, timbul keringat dingin di kulit seperti ketakutan atau ada sesuatu yang mengejutkan, kulit berwarna kebiru-biruan (Cyanotic) seperti kekurangan udara karena terhambatnya pernafasan atau jantung yang tidak bekerja dengan normal, kulit kuning seperti mempunyai penyakit darah dan hati atau seperti keracunan makanan. Atau gejala dengan tanda kulit pecah-pecah menjadi erupsi-erupsi yang berhubungan dengan penyakit menular yang umum pada anak-anak, seperti cacar air atau campak.

Tanda dan Gejala Anak Sakit Ketika Tidur
Anak sakit terlihat gelisah, bolak-balik di tempat tidur, bergerak-gerak di waktu tidurnya, mengejang, mengangis, mengigau atau tanda-tanda lain sewaktu tidur yang tidak seperti biasanya. Semua tanda itu harus diperhatikan juga dilihat dengan teliti serta diberitahukan kepada dokter yang akan menangani anak tersebut sehingga dapat didiagnosa dengan baik.

Tanda dan Gejala Anak Sakit dari Tangisan
Tangis anak sakit dapat dibedakan dengan tangisan anak karena ketakutan atau tangisan nakal, ataupun tangisan anak bayi ketika dia lapar. Tangisan parau atau serak dari seorang anak yang menderita sakit, atau tangis melengking keras, serak kering itu menunjukkan anak mendapat gangguan radang paru-paru.

Tanda dan gejala anak sakit yang lainnya dapat dilihat dari kelainan anak tersebut pada batuk, mata, hidung, telinga, mulut dan tenggorokannya, dada, rongga perut, alat kelamin, muntah, buang air kecil dan buang air besar, peses, suhu badan yang tinggi, denyut nadi yang tidak stabil, dan pernafasan.

Bila ada tanda dan gejala yang terlihat berbeda dari seperti biasanya segera konsultasikan kelainan tersebut kepada ahli dokter anak yang ada di sekitar anda. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi para ibu yang baru memiliki momongan.
Tanda dan Gejala Anak Bayi Menderita Sakit
About
Tanda dan Gejala Anak Bayi Menderita Sakit - written by Sri Mayanti , published at 1:00 PM, categorized as Anak , Penyakit
Comment disabled
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin