Obesitas Dapat Diatasi Dengan Makan Coklat

by Sri Maya , at 7:35 PM , has 0 komentar
Berbagai anggapan mengenai mengkonsumsi coklat dapat menyebabkan berbagai penyakit bahaya hanyalah merupakan mitos belaka. Paktanya kini coklat tidak lagi dianggap sebagai biang terjadinya penyumbat arteri, tidak lagi merupakan penyebab meningkatnya gula darah dan membuat orang gemuk. Tetapi, malah sebaliknya makan coklat sebenarnya dapat menghindari terjadinya obesitas alias kegemukan berat badan.

Memang, tidak setiap coklat dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Coklat dengan bahan kakao yang kualitasnya rendah dengan campuran gula yang sangat tinggi dan bahan pengawet yang tidak cukup aturan membuat pengkonsumsi coklat menderita penyakit lain. Itu dapat ditegaskan bukan karena coklatnya, tetapi campuran yang dipakai untuk pelengkap itu sendiri.

Lalu, seperti apakah makan coklat yang dapat membuat sehat itu? Dan jenis coklat apa yang baik untuk kesehatan manusia?. Tentunya makan coklat yang dapat meningkatkan kesehatan adalah dengan cara makan coklat secara tidak berlebihan, dan jenis coklat yang dikonsumsi adalah coklat yang diproduksi dengan cara organik menggunakan dark chocolate (Coklat hitam) yang kandungan kakao nya sampai 70 %.

Kesimpulan bahwa obesitas dapat diatasi dengan makan coklat itu diambil dari kesimpulan dari penelitian Departemen Neuroscience, Divisi Nutrisi Manusia, Universitas Tor Vergata, Roma, dalam makalah berjudul 'Dampak cokelat Hitam pada Berat Normal Perempuan Obesitas: Studi Pendahuluan' menunjukkan efek positif dari mengonsumsi 100 gram coklat hitam dalam sepekan. Penelitian ini mengamati efek cokelat hitam terhadap profil lipid darah, parameter biokimi (misalnya interleukin), tekanan darah, dan lingkar perut.

Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang wanita dengan sindrom obesitas yang berusia 20-40 tahun. Mereka diminta untuk mengonsumsi 100 gram cokelat hitam atau setara 3 ons cokelat batangan yang mengandung kakao 70 persen selama tujuh hari. Dual energy-X-ray absorptiometry (DXA) digunakan untuk mengukur komposisi tubuh.

Sampel juga diukur tekanan darahnya, antropometri, parameter biokimia, tingkat plasma, dan beberapa sitokinnya juga diukur sebelum dan sesudah memakan cokelat hitam. Hasilnya digambarkan sebagai berikut.

Setelah sampel mengonsumsi coklat hitam dengan kandungan kakao 70 persen, ada penurunan signifikan dari rasio kolesterol total dan interleukin. Lingkar perut mereka juga diamati dan ditemukan ada korelasi positif atara perubahan indeks aterogenetik dengan pengurangan lingkar perut setelah mengonsumsi coklat hitam selama sepekan.

Para penulis menyimpulkan bahwa konsumsi rutin cokelat hitam dapat menjaga profil aterogenetik tubuh dengan baik. Efeknya menguntungkan pada kadar kolesterol, lipoprotein, rasio kolesterol jahat dan tanda-tanda peradangan.

Demikian tulisan dari hasil penelitian di atas dengan kesimpulan bahwa obesitas ternyata dapat diatasi dengan makan coklat dengan baik dan kualitas coklat yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat. 
Obesitas Dapat Diatasi Dengan Makan Coklat
About
Obesitas Dapat Diatasi Dengan Makan Coklat - written by Sri Maya , published at 7:35 PM, categorized as info sehat . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin