Mengenal Bayi Lahir Prematur

by Sri Maya , at 2:13 AM , has 0 komentar
Bayi lahir prematur adalah kelahiran seorang anak bayi belum pada waktu ideal yang diperhitungkan. Hal ini sangat tidak diharapkan para ibu melahirkan, namun kepastian bayi lahir prematur ini belum ada yang tahu pasti apa yang menjadi sebab musababnya kelahiran anak bayi lahir prematur terjadi. Untuk itu marilah kita mengenal bayi lahir prematur melalui bacaan singkat ini.

Para ahli peneliti bayi lahir prematur memang ada yang menduga bahwa itu terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor resiko anak bayi lahir prematur seperti merokok, obesitas, penyakit yang diderita ibu melahirkan (diabetes, hipertensi, infeksi saluran kemih), rahim yang tidak normal, dan pernah melahirkan prematur sebelumnya.

Dalam hal kondisi kandungan kelahiran bisa juga menjadi penyebab mengapa anak lahir prematur karena sebab kondisi seperti preeklampsia, infeksi plasenta, atau plasenta lepas, atau ibu melahirkan yang mengandung anak kembar.

Walau begitu, setengah dari kejadian bayi lahir prematur tidaklah diketahui secara pasti penyebab mereka lahir terlalu cepat. “Meski Anda sudah menjaga kehamilan sebaik mungkin, tetap ada saja kemungkinan si bayi lahir terlalu cepat,” ujar Dr. Scott Berns, MD, senior vice president dari March of Dimes, organisasi yang banyak bergerak dalam bidang kesehatan bayi prematur.

Jika terpaksa melahirkan bayi prematur, biasanya bayi akan dirawat di rumah sakit yang memiliki fasilitas NICU. Suasana di bagian perawatan tersebut memang sering kali terasa mengintimidasi para orangtua. Bagaimana tidak? Di NICU, bayi-bayi tidur dalam inkubator dengan selang makanan, infus, monitor detak jantung, dan selang oksigen terpasang di tubuh super mungil mereka. Penjenguk dibatasi dan mereka harus memakai pakaian khusus serta membersihkan tangan sebelum masuk ruang NICU.

“Saat bayi Anda dirawat di NICU, jangan ragu untuk minta penjelasan pada dokter dan perawat soal tindakan medis, istilah-istilah medis, serta peralatan yang digunakan untuk perawatan bayi prematur Anda,” saran Steven Worley, papa dari California, AS, yang kedua anaknya, Maggie (5) dan Sam (3), lahir prematur. “Anda perlu mengedukasi diri sendiri soal menjadi orang tua dari bayi prematur. Tidak apa-apa, kok, sering-sering bertanya dan minta penjelasan dari dokter dan perawat,” lanjutnya lagi.

Sebenarnya, bayi disebut bayi lahir prematur bila terlahir kurang dari 37 minggu. Bayi normal perlu sekitar 270 hari (9 bulan) untuk berkembang penuh di dalam rahim. Karena terlahir dini, otomatis berat badannya pun kurang. Anak bayi lahir prematur juga mungkin mengalami masalah kesehatan karena organ-organ tubuhnya belum berkembang sempurna. Akibatnya? Belum bisa berfungsi secara optimal. Tak heran kalau pasca kelahiran, bayi lahir prematur biasanya harus dirawat intensif dalam inkubator. Ia harus tinggal di situ sampai sistem organ tubuhnya bisa bekerja sendiri. Semakin dini usia kelahiran bayi, semakin besar pula risiko yang harus ia hadapi terhadap bahaya terjadinya infeksi dan komplikasi.

Bayi yang terlahir di usia 24 minggu rata-rata memiliki survival rate sekitar 60 - 65 persen. Namun 40 - 50 persen di antaranya mengalami berbagai keterbelakangan. Tak sedikit yang akhirnya mengalami keterbelakangan mental, mengalami kebutaan, atau bahkan menderita cerebral palsy (kelainan gerakan, otot atau postur tubuh yang disebabkan cedera atau gangguan perkembangan otak sebelum kelahiran). Sementara pada kasus yang lebih ringan, gangguan yang terjadi biasanya adalah asma, hiperaktif, atau ketidaknormalan pertumbuhan tulang yang sebagian di antaranya masih bisa dikoreksi.

Tetapi jangan khawatir bagi para ibu melahirkan jika anaknya bayi lahir prematur, sebab banyak anak bayi lahir prematur bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak normal lainnya. Beberapa di antaranya bahkan tak kalah cerdas dibanding teman-teman sebayanya yang terlahir secara normal.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan tentunya keluarga kita senantiasa terjaga kesehatan nya. 
Mengenal Bayi Lahir Prematur
About
Mengenal Bayi Lahir Prematur - written by Sri Maya , published at 2:13 AM, categorized as Anak . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin