Makanan Pencegah Sakit Influensa / Flu

by Sri Maya , at 2:03 PM
Pembaca setia muslim husada di musim pancaroba ini banyak orang yang terserang flu, dari mulai anak bayi sapai kakek-kakek. Flu atau influensa ini adalah sejenis virus yang menyerang manusia yang daya tubuhnya lemah. Oleh sebab itu diperlukan cara pencegahan yang efektif agar itu tidak menimpa kita sekeluarga.

Cara pencegahan dengan Vaksin ternyata bukan satu-satunya mengatasi serangan flu. Menurut manajer konten kesehatan About.com, Rachel Berman R.D., hidangan yang dikomsumsi sehari-hari ternyata juga bisa berperan menjadi benteng terhadap serangan penyakit yang umum diderita masyarakat dunia ini.
Berikut beberapa asupan yang direkomendasikan Berman, sebagai pencegah serangan flu :

1. Biji labu (pumpkin seed)
Biji labu kaya akan kandungan zinc, yang dapat membantu sel darah putih melawan virus dan penyakit. Berbagai olahan berbahan dasar biji labu, bisa mencegah rasa bosan mengkonsumsi hidangan satu ini.

2. Tuna
Ikan ini merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Selenium melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan ketahanan tubuh. Tentunya tuna bisa diaplikasikan dalam berbagai resep yang nikmat dikonsumsi.

3. Jamur
Jamur penuh dengan kandungan beta glucan, yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Sup jamur dengan gandum menjadi salah satu resep yang disarankan Berman menghadapi flu.

4. Ubi
Jenis umbi yang sangat popular di Indonesia ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ubi kaya vitamin A, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menjadi salah satu faktor yang melemahkan sistem imun, sehingga memudahkan infeksi bakteri dan virus.

5. Teh hijau
Teh merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi masyarakat dunia. Selain menyegarkan, teh ternyata juga kaya manfaat. Teh hijau menjadi salah satu jenis minuman yang kaya antioksidan. Secangkir teh hijau hangat menjadi benteng pertahanan ampuh terhadap serangan flu.

6. Yogurt
Asupan berbahan susu ini ternyata tak sekedar nikmat dikonsumsi dengan rasanya yang asam segar. Proses fermentasi yang dilalui, menyebabkan yogurt kaya probiotik sehingga baik untuk tubuh. Probiotik memperkuat sistem ketahanan tubuh menghalau serangan flu.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat. 
Makanan Pencegah Sakit Influensa / Flu
About
Makanan Pencegah Sakit Influensa / Flu - written by Sri Maya , published at 2:03 PM, categorized as info sehat , Khasiat Buah
Comment disabled
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin