Inilah Cara Memelihara Kesehatan Otak

by Sri Maya , at 9:53 PM , has 0 komentar
Otak manusia merupakan organ tubuh yang berbeda dengan makhluk lainnya. Intelektualitas, kecerdasan maupun sikap manusia sangat dipengaruhi olehnya. Bila terganggu kesehatan otak, maka fatal akibatnya. Oleh karena itulah penting kiranya mengetahui bagaimana cara memelihara kesehatan otak kita agar tetap fresh dan bisa berfikir jernih.

Organ otak yang terletak di kepala ini memang kecil ukurannya, namun energi yang dibutuhkannya sangat banyak, sebab otak ini mengalirkan perintah ke seluruh organ tubuh manusia. Sehingga makin banyak aktifitas, maka semakin banyak pula nutrisi yang dibutuhkan otak. Nutrisi otak itu dapat berupa vitamin, asam amino, mineral dan juga tentunya air yang cukup.

Terpenuhinya nutrisi otak ini dapat membuat daya otak bekerja lebih maksimal. Ini akan berakibat pada pikiran, stamina stabil, tubuh fresh dan selalu bersemangat sehingga kerja lebih produktif juga mendapat hasil yang maksimal.
Di bawah ini tips memelihara kesehatan otak agar terpelihara kesehatan otak dengan cara memperhatikan asupan gizi makanan berikut ini :

1. Konsumsi makanan dengan teratur
Terbukti dalam satu penelitian bahwa makanan ternyata bisa mengaktifkan molekul-molekul di otak dan dapat membuat otak berumur panjang. Molekul tersebut bernama CREB1. Fungsi dari CREB1 ini adalah mengaktifkan banyak gen yang terkait dengan usia dan fungsi otak. CREB1 dikenal memiliki fungsi penting bagi otak untuk kemampuan mengingat, mengatur proses belajar dan kecemasan dan mengurangi penuaan.

2. Memperbanyak makan ikan 
Ternyata ikan telah terbukti dapat melindungi otak dari penuaan, karena ikan mengandung vitamin dan asam lemak omega 3 yang menyebabkan otak kita jarang mengalami penyusutan dan memiliki kinerja mental yang lebih baik. Selain itu, asam lemak omega 3 juga merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat, sehingga mengurangi resiko kepikunan di usia lanjut.
Sebuah penelitian yang merupakan gabungan dari para peneliti dari Oregon Health and Science University, Portland VA Medical Center, dan Oregon State University, melakukan scan otak kepada 42 peserta. Mereka menemukan bahwa bahwa orang dengan kandungan tinggi vitamin dan omega 3 dalam darahnya cenderung memiliki volume otak yang lebih besar. Sedangkan orang yang darahnya banyak terkandungan lemak trans memiliki volume otak yang lebih kecil.

3. Konsumsi makanan bervitamin B
a. Vitamin B1 (Tiamin)
Tiamin membantu pertumbuhan organ dan system syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada segala jenis makanan padi-padian dan bahan yang difortifikasi, seperti roti, sereal, wheat dan pasta. Defisiensi atau kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan : Keletihan, lemah daya ingat, kekacauan mental, penyimpangan perilaku, dan cepat marah
b. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Merupakan bentuk koenzym yang membantu mengantar rangsangan saraf. Sumber vitamin B5 adalah daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijian, susu, dan sayur.
c. Vitamin B6 (Piridoksin)
Membantu perkembangan otak dan system saraf bayi, disamping membentuk sel darah merah baru. Selain itu Vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin yaitu zat kimia otak yang menimbulkan rasa tenang bagi tubuh. Terdapat pada daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang, dan produk yang difortifikasi misalnya sereal. Defisiensi vitamin B6 berdampak cepat marah, mudah letih, daya konsentrasi lemah, kebiasaan tidur yang buruk, dan lemah daya ingat
d. Vitamin B12 (sianokobalamin)
Vitamin B12 bersama asam folat membantu ibu dan bayi memproduksi sel darah merah yang sehat dan membantu pengembangan otak janin dan system saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging merah, ayam, ikan, kerang, telur, dan makan yang mengandung susu.
e. Asam Folat
Merupakan salah satu kelompok vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak jika terpapar panas. Asam folat terdapat secara alami pada bayam, brokoli, pok coy, asparagus, kol, daging, gandum, telur, susu dan keju. Selain itu terdapat pada bahan yang difortifikasi, seperti sereal dan susu. Asam folat membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Kekurangan asam folat semasa hamil dapat menyebabkan kelainan bawaan pada otak, tulang kepala dan sumsum tulang belakang (neural tube defect) yang dijumpai sebagai anensefalus, hidrosefalus, mikrosefalus, dan spina bifida. Setelah bayi lahir, asam folat dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak.

4. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji.
Sebuah lembaga nirlaba di Inggris bernama Alzheimer's Research UK merasa terpanggil untuk meneliti makanan yang berisiko menyebabkan demensia atau kepikunan. Menurut hasil di lapangan, lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji berkaitan dengan rendahnya nilai tes mental dan penyusutan otak yang khas ditemui pada penyakit Alzheimer.

5. Melatih mental dengan cara tidak malas berfikir
Merangsang otak agar selalu bekerja bisa menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki berbagai keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Anda dapat melatih otak anda dengan menggunakan teknik seperti puzzle, teka-teki dan minat pada bidang sosial dan budaya.

6. Olah raga cukup dan teratur
Tubuh memerlukan olah raga setengah jam setiap tiga kali dalam seminggu, hasil yang diperoleh akan memberikan dampak yang bagus untuk peningkatan kekuatan otak anda, karena olah raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif menuju otak, yang disalurkan ke seluruh organ tubuh yang lain.

7. Beristirahat cukup dan teratur
Seseorang yang terbiasa istirahat cukup yang dilakukan secara rutin dapat membantu perbaikan memori atau daya ingat orang tersebut. Itu terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di RIKEN Brain Science Institute, Tokyo, Jepang. Para peneliti menemukan sintesis protein di otak kecil memegang peranan penting dalam keajaiban tersebut. Istirahat cukup secara rutin menimbulkan efek jarak. Efek jarak tersebut yang diyakini membantu otak bagian memori pulih secara bertahap. Para peneliti juga menemukan efek jarak juga bekerja dengan cara yang unik pada proses belajar. Mereka yang belajar sedikit demi sedikit tanpa tekanan akan lebih mudah mengingat ilmu yang dipelajarinya dibandingkan mereka yang belajar dengan cara diforsir.

Demikian artikel cara memelihara kesehatan otak yang dapat kita dengan mudah melakukan nya. Dengan melakukan tips cara memelihara kesehatan otak agar pikiran, memori dan produktivitas kita dapat lebih meningkat lagi. Karir semakin maju dan nasib baik menunggu kita di masa yang akan datang. 

Artikel ini bersumber dari situs terkenal voa islam yang telah diedit ulang. 
Inilah Cara Memelihara Kesehatan Otak
About
Inilah Cara Memelihara Kesehatan Otak - written by Sri Maya , published at 9:53 PM, categorized as info sehat , Organ Tubuh . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin