Pola Makan Sehat di Bulan Puasa

by Sri Mayanti , at 11:23 PM
Di bulan penuh berkah ini muslim husada menulis postingan tentang info sehat pola makan di bulan ramadhan. Inilah sedikit tips dan cara terkait pola makan di bulan suci ramadhan :

  1. Makanlah secara teratur dengan menu seimbang, yaitu karbohidrat 50-60%,protein 10-20%,lemak 20-25%,cukup sayur dan buah (@2-6 jenis) sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat.
  2. Pembagian makan: 50% sejak berbuka hingga sebelum tawarih,40% waktu sahur.
  3. Berbukalah dengan makanan yang manis(seperti kolak atau kurma) dan minuman hangat.Jangan langsung minum air dingin/es,perut bisa kembung dan produksi asam lambung tinggi.Makanan lengkap/berat sebaiknya dikonsumsi setelah shalat magrib atau setelah tarawih.
  4. Menu sahur dianjurkan berprotein tinggi agat meninggalkan lambung lebih lama sehingga tidak cepat lapar.
  5. Minumlah 6-7 gelas sehari (4-5 gelas dari berbuka sampai sebelum tidur dan 2 gelas waktu sahur). Air dapat mengoptimalkan proses detoksifikasi selama puasa.yang dapat meningkatkan pH air menjadi basa/alkali (7,5-8,5).
    Suplemen multivitamin dan mineral atau makanan/minuman tambahan padat gizi disarankan dikonsumsi pada waktu sahur untuk meningkatkan stamina seperti suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh,vitalitas,dan energi.
    Olahraga ringan (seperti jalan kaki,naik sepeda) 1 jam menjelang berbuka selama 1/2 jam agar aliran darah tetap lancar dan kebugaran terjaga.

Demikian tips-tips makan sehat di bulan ramadhan. Semoga bermanfaat.
Baca juga : cara sehat ala Rasulullah SAW.
Pola Makan Sehat di Bulan Puasa
About
Pola Makan Sehat di Bulan Puasa - written by Sri Mayanti , published at 11:23 PM, categorized as info sehat
Comment disabled
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin