Tips Prosedur Mencuci Pakaian | Kesehatan Busana

by Asep Iwan , at 12:38 AM
Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, sebab tidaklah kebahagiaan dapat diraih dalam keadaan sakit baik lahir maupun batin. Untuk menjaga kesehatan maka harus berangkat dulu dari menjaga kebersihan ruangan di sekitar kita, baik itu di rumah, halaman, perabot rumah-tangga dan sampai pakaian yang kita kenakan sehari-hari.

Pakaian yang bersih adalah langkah awal untuk membangun kewibawaan dan menjaga kesehatan. Setiap orang akan lebih percaya diri bila pakaian yang dikenakannya rapih dan juga bersih. Orang yang paling berperan dalam memelihara kesehatan lingkungan dan termasuk pakaian ini adalah seorang wanita ibu rumah tangga. Bagi IRT yang karirnya hanya di lingkungan keluarga saja, tentunya punya waktu khusus untuk mengurus pakaian keluarga. Tapi bagi wanita karir, yang mempunyai waktunya terbatas, tak jarang urusan pakaian ini terbengkalai, bahkan sering mengandalkan pada pembantu atau tukang cuci keluarga. Itu  biasanya membuat hasil yang berbeda dengan yang dilakukan sendiri oleh Ibu Rumah Tangga.

Berikut ini Tips Prosedur Mencuci Pakaian untuk memelihara kesehatan keluarga.
  1. Melakukan pengujian pada pakaian busana baru dibeli, luntur apa tidak. Bila memang belum pernah dicuci, usahakan mencucinya secara terpisah. Umumnya walau pakaian tersebut tidak luntur, tetap saja pencucian pertama itu sedikit luntur. 
  2. Memisahkan pakaian yang berwarna putih dengan pakaian bercorak warna. Ini sebagai upaya untuk menjaga kecerahan pakaian yang berwarna putih.  
  3. Memisahkan pakaian yang hanya bisa dicuci dengan tangan, tidak menggunakan mesin cuci seperti stoking, kaos kaki, dasi, atau sejenisnya. 
  4. Memisahkan pakaian berbahan lebut dari yang berbahan kasar. 
  5. Tidak berlebihan menyimpan pakaian ke dalam mesin cuci. Memperbanyak ruang kosong pada mesin cuci akan membuat membuat proses pencucian bagian kotor lebih maksimal. 
  6. Mencampurkan jenis pakaian kecil bersama yang besar. Misalnya jaket dengan kaos dalam. 
  7. Mengosongkan dan memeriksa bagian saku kantong agar tidak ketinggalan dokumen atau benda-benda penting,  atau mungkin ketinggalan dalam saku bahan yang dapat merusak pakaian. 
  8. Memeriksa bagian pakaian yang sangat rapuh, bolong atau kancing yang lepas. Tutup ritsleting agar tidak mudah rusak. 
  9. Mengecek bagian baju yang terkena noda pekat sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Lalu gosok bagian yang kotor, terutama bagian kerah atau bagian kancing dengan sabun, baik batangan maupun cair.
Demikian Tips Prosedur Mencuci Pakaian agar terpelihara kesehatan keluarga. Artikel lain yang menarik yang layak anda baca tips memilih busana melalui toko online
Tips Prosedur Mencuci Pakaian | Kesehatan Busana
About
Tips Prosedur Mencuci Pakaian | Kesehatan Busana - written by Asep Iwan , published at 12:38 AM, categorized as info sehat
Comment disabled
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin