Perbedaan Kapsul Lunak dan Keras | Kapsul Gelatin Lunak

by insan barkah , at 9:39 PM , has 1 comment
Sebelum membahas apa itu kapsul lunak dan kapsul keras, pada postingan ini ditulis terlebih dahulu Perbedaan Kapsul Lunak dan Kapsul Keras, yaitu:

Kapsul keras :
- Terdiri dari dua bagian tutup tubuh
- Tersedia dalam bentuk kosong
- Umunya berbentuk serbuk
- Bentuknya hanya satu macam

Kapsul Lunak
- Elastis
- Bentuknya bervariasi
- Umumnya isinya cairan, pasta, suspensi
- Tidak tersedia dalam bentuk kosong
- Terdiri dari bagian bahannya dariu glatin lunak ditambah gliserin dan alkohol polipaten ditambah dengan sortibel supaya elastis.

Kapsul Gelatin Lunak 
Kapsul gelatin lunak dibuat dari gelatin dimana gliserin atau alkohol polivalen dan sorbitel ditambahkan supaya gelatin bersifat elasits seperti pelastik. Kapsul-kapsul ini yng mungkin bentuknya membujuer seperti elips atau seperti bola dapat digunakan untuk diisi cairan, suspensi dan bahan berbentuk pasti atau serbuk kering. Kapsul lunak yang kosong dibuat dan diberi segel dalam keadaan kedap udara ( unuk mencegah kempis dan saling melekat satu dengan yang lainnya ).

Begitu juga obat dari bahan-bahan yang mudah menguap atau obt yng mudah mencair bila terkena udara. Kaspul lunak bentuknya bagus dan lebih mudah ditelan oleh pasien. Tetapi membuatnya tidak mudah kecuali dalam industri skal besar dan menggunakan perlatan khusus.

Pembuatan Kapsul Gelatin Lunak 
Kapsul geltin lunak dapat dibuat dengan cara proses lempeng dengan menggunakan seperangkat cetakan untuk membentuk kaspsul dengan cara die process ( berpuatar atau bolak-balik ) yang lebih efisen dan produktif . Yang dimaksud dengan proses lempeng adalah sebagai berikut : selembar gelatin hangat yang tidak berwarna ditempatkan pada permukaan cetakan sebagian bawah dan cair dituangkan kedalamnya baru kemudian selembar gelatin lainnya diletakkan diatas dan ditekan. Jadi tekanan ini bertindak sebgai pembuat kapsul. Pengisian bahan obat dan pemasangan segelnya dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara serentak, kemudian kapsul yang sudah dicetak dipindakan dan di cuci dengan pelarut yang tidak menggangu atau merusak kapsul. Mesin-mesin yang berkecepatan tinggi telah dikembangkan untuk pembuatan kapsul dengan cara proses lempeng dan telah digunkan dalam industri sekarang ini.

Akan tetapi kebanyakan pembuatan kaspul lunak dalam industri besar dilakukan dengan cara rotary die process suatu metode yang dikembangkan oleh Robert P. Scherer pada tahun 1933. dengan metode ini cairan gelatin yang dituangkan dari tangki yang terletak diatas, bentuk menjadi dua buah pita yang berurutan oleh mesin.

Dalam waktu yang bersamaan bahan obat yang akan diisikan dan telah diukur, dimasukan diantara kedua pita secara tepat, ketika itu dies membentuk kantung-kantung dari pita gelatin, kemudian kantung-kntung yang telah diisi disegel dengan tekanan dan panas dan kapsul-kapsul ini akan terlempar dari pita dengan proses yang sama. Kapsul gelatin lunak dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk anatara lain bundar, lonjong, bentuk pipa membujur dan lain-lain. Kapsul-kapsul tersebut daapat juga dibut dengan satu atau dua macam warna yang terakhir dengan dua macam warna diberikan dari pemakaian pita gelatin yang berbeda warnanya untuk membuat belahan kapsul. Mesin kapsul Accogel merupakan penyesuain yang yang modern dari metode ini dikembangkan oleh Lederle laboltories sutu mesin yang memunginkan pemasukan serbuk kering atau ciran kedalam kapsul gelatin lunak.

Proses dengan die yang bolak-balik kerjanya sama dengan proses berputar dalam hal pembuatan pita geltin dan digunkaa untuk mengisi odat, tapi berlainan dalam proses pengisian obat. Pita-pita gelatin dimasukan diantara sepasang die yang vertikal secara terus menerus membuka dan menutup membentuk jajaran kantung pada pita geltin. Kantung-kntung ini diisi dengan obat dan disegel, kemudian membentuk dan dipotong dari lapisan, dimana kapsul itu mendjadi lebih baik setelah melalui mesin. Begitu kapsul ini dipotong melalui dari pita kapsul tersebut jatuh ketangki yang diinginkan, yang mencegahnya untuk saling melekat satu sama lain dan menjadi tumpul.

Penerapan Pemakaian Kapsul Gelatin lunak 
Kapsul gelatin lunak dapat digunakan untuk mengisi macam-macam jenis bahan bentuk cair dan kering. Cairan yang dapat dimasukan kedalam kapsul gelatin lunak termasuk :
  1. Yang tidak tersatukan dengan air cairan yang mudah menguap dan tidak menguap, seperti minyak menguap dan minyak nabati, hidrokarbon alifatik, hidrokarbon yang dikloronisasi,eter, ester, alkohol dan asam organik.
  2. Yang tersatukan dengan air, cairan yang tidak menguap seperti poli etilen glotikol dan surfaktan nonionik
  3. Yang termasuk dengan air dan kelompok komponen yang tidak menguap seperti propilen glikol dan isopropil alkohol tergantung pada faktor-faktor seperti konsentrasi yang diperlukan dan keadaan kemasannya.
Zat padat dapat dimasukan kedalam kapsul gelatin lunak dalam bentuk larutan dalam cairan pelarut yang cocok sebagai suspensi atau sebagai serbuk kering, granul atau bahan yang dibentuk pelet, larutan suspensi. Diantara obat-obat dalam perdagangan yang disiapkan dalam kapsul gelatin lunak adalah : ethchlorovinol (Palacidyl, Abott), demeclocycline HCI (Declomycin,lederle), chlorotrianisene (TACE, Merrel Dow), chloral hydrate (Noctec, squibb), digoxin (Lanocaps, burrough Wellcome), vitamin A dan vitamin E.
Baca juga  artikel menarik membahas tentang cara mengatasi penyakit halitosis atau bau mulut yang praktis hanya di situs tips kesehatan.
Perbedaan Kapsul Lunak dan Keras | Kapsul Gelatin Lunak
About
Perbedaan Kapsul Lunak dan Keras | Kapsul Gelatin Lunak - written by insan barkah , published at 9:39 PM, categorized as Farmasi . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Muslim Husada by
Some Rights Reserved | Situs Sahabat | Disclaimer | Privacy Police by Harga Mesin